Semangat!

Haluuuha well wondering what's over? it isn't my relationship or what but MY MIDDLE EXAM IS TOTALLY OVER *people cheering* yeaaaah you don't know exactly how happy i am!. Seneng sih uts udah berakhir tapi senyum lebar gua pun terhenti pas Sizi bilang "tinggal nunggu hasilnya nih pasti lebih surem". Muka gua langsung berubah jadi ikutan surem juga. Kalo di komik-komik sih ini muka udah nunduk kebawah dan ada garis-garis gelap di atas kepala gua. Remember my older post? About how suram semester 2 is. Emang sih pas ujian gua ngisi asal banget dan jawaban gua ga berbobot. Kalo gua jadi dosennya pasti udah ketawa ngakak ngeliat jawaban gua yang sesuka hati. Tapi gua inget kata-kata temen gua yang bakal gua pegang terus.
"Tenang aja Cha, orang baik pasti dilindungi Tuhan ". Amin banget.

About my life ga ada yang spesial sih. Baru pulang dari kosan munirayunari dan ke Fisip cuma buat ngambil bahan buat presentasi SSI and hell yeah gua dapet bagian buat nyusun makalah. Semoga ini makalah baik-baik aja dan ga kebakar sama gua. Amin lagi.

Gua lagi ngerasa dimana hidup itu berat. Bukan deng. Kuliah itu (lebih) berat. Kagak tau deh bakal tahan sampe kapan ngadepin dosen, tugas, kuis, dan ujian yang bertubi-tubi dateng tanpa rasa manusiawi. Tapi setelah gua liat yang lain kaya Munir-Prilly, Ari, Ola, Ayun, Nisa, terutama Kaka Gua, gua ngerasa bersyukur alhamdulillah ya Allah masuk Fisip. Ngebayangin jadi Munir-Prilly yang belajar mekanika fluida, pergeseran tanah. Ngebayangin jadi Ari yang belajar vektor, fisika dasar, matematika dasar. Ngebayangin jadi Ola yang belajar gigi bahkan tubuh manusia bahkan praktek dengan mayat denga buku-buku yang ga ada bahasa manusia nya lagi gua rasa. Ngebayangin jadi Ayun yang belajar program komputer yang isinya tanda kutip kalo ga simbol-simbol semua. Ngebayangin Nisa yang belajar ilmu pertanian. Dan ngebayangin jadi Kaka gua yang belajar stupa, belajar struktur konstruksi, begadang sampe ga tidur, bikin maket sampe tangan luka-luka. Gua yang cuma belajar ilmu sosial dan ilmu politik aja udah ngeluh ga berenti-berenti. Emang sih ilmu sosial lebih mudah dari ilmu-ilmu sains mangkanya gua diremehin sama Ayah.

Tadi siang tau-tau Kaka gua sms bilang ada satu pertanyaan yang gabisa kejawab,
"Beneran mau jadi arsitek?"
Kalo dari sisi gua sih gua jawab, ya harus. Mau gamau suka gasuka toh kita udah nyebur ke jurusan itu. Gua sih gatau yah seberapa susahnya kuliah di jurusan itu. Gua liat sih Kaka gua sampe begadang gitu, kerumah temennya tiap hari ngerjain tugas, dan gua lumayan sering bantuin Kaka gua ngerjain tugas, emang susah dan berat sih. Tapi menurut gua, sekarang kita boleh susah susah ngeluh cape pusing stress tapi percaya deh, rasa susah itu bakal membuahkan hasil yang setimpal bahkan jauh lebih manis. Seperti kata temen gua tadi "Tuhan bakal melindungi orang baik". Daripada sekarang kita kuliah santai santai, bolos, gangerjain tugas, nanti di masa depannya kita yang bakal susah. Bener juga sih.

Gua sih sebagai ade cuma bisa bilang Semangat yaaah Kakak!, gua bakal bantu kalo emang dimintai tolong semampu gua. Emang susah sih kuliah tuh ga ada yang gampang walaupun lu masuk jurusan sastra sekalipun. Tapi bener deh sekarang susah susah, nangis nangis, bahkan sampe sakit gara gara tugas dan tetek bengeknya, siapa tau kan di masa depan Kaka gua jadi arsitek handal yang masuk di buku "10 arsitek terhebat di dunia" atau "10 arsitek dengan bangunan terunik di dunia". Who knows kan?. Tapi amin amin amin banget. Allah tuh Maha Adil gamungkin kita dikasih hidup yang susah terus. Mangkanya harus semangat terus dan pantang menyerah. Karena Allah gasuka umatnya yang gampang menyerah. Jadi semangat yah kak lu pasti bisa, lu hebat kok nilainya aja bagus bagus. Gua tunggu lu bikin bangunan yang bakal dipuji dan berguna buat gua, keluarga, bahkan orang orang banyak dan gua tunggu nama lu di buku "10 arsitek terhebat di dunia" itu. Dan gua tunggu lu tepatin janji lu buat bikinin rumah berlantai dan berdinding kaca buat gua. Jadi semangaaat terus kaaak!.

Oia tahun ini Ari juga mau masuk jurusan arsitek. Kasian juga sih gua liat dia di jurusan Fisika. Lama-lama gua liat mukanya kaya rumus newton haha. Doain yah biar Ari keterima di arsitek. Emang bakatnya disitu sih. Ari tuh sama Kaka gua tuh setipe, yang autis suka gambar-gambar yang keren-keren. Gua aja kadang suka memuji sendiri dalem hati gambar-gambar jenius mereka, tapi ga di depan mereka males amat ahaha. Jadi intinya Semangat Kak!, Semangat Nying!, Semangat Mun!, Semangat Pil!, Semangat Bel!, Semangat Pang!, Semangat Mak!, dan Semangat Alyssa Edwina!. Kita semua emang udah dikasih jalan buat kuliah di jurusan masing masing dan udah terlanjur kecebur di jurusan itu. Jadi kita harus berjuang di jurusan itu dan terima segala konsekuensinya. Kita pasti bisa dan nanti di masa depan. Kita bakal berkumpul bareng, jadi orang sukses dengan title sarjana kita masing-masing. Amin ya Allah. 

Ini juga bisa jadi pelajaran buat adik-adik kelas nanti yang mau milih jurusan kuliah. Jangan asal asalan pilih atau ikutan temen. Jangan!. Pilih jurusan yang sesuai hati dan bakat lu, dan jurusan yang lu mampu bertahan disitu selama bertahun-tahun kuliah. Karena emang ini ga gampang. Gua udah ngerasainnya. Kuliah tuh jangan diremehin karena emang berat dan beda sama masa SMA yang kita bangga banggain. Jadi, Semangat Semuanya!.

0 comments:

Post a Comment